Makanan sehat saat corona

0
16
makanan sehat
makanan sehat

Inetbaik.com – Memakan makanan yang sehat adalah rutinitas yang harus di lakukan setiap insan. Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Tidak banyak manusia menyadari jika makanan yang mereka lahap sehari-hari lebih banyak mengandung asupan yang tidak baik bagi tubuh. Dan efeknya akan lebih buruk jika di konsumsi jangka panjang.

Makanan sehat kebanyak tidak enak untuk dilihat, dan rasanya yang kurang mantap. Tetapi, kita bisa mencampurnya dengan jenis makanan atau bahan yang lain dan menyehatkan, untuk dimasak dan di makan lebih enak.

Misalnya sayuran. Saya akui, sayuran masih banyak yang tidak suka terutama saya (jujur haqiqi). Namun tidak sedikit pula yang menganggap bahwa sayuran juga enak untuk di santap.

Berita bagusnya tidak hanya sayuran yang bisa kita makan yang tergolong makanan yang sehat bagi tubuh kita. Contohnya seperti buah-buahan, dan ada juga yang terdiri dari biji-bijian.

Untuk membuat tubuh kita fit dan sehat ada beberapa cara, selian makanan olah raga secara teratur dan terjadwal juga berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

Ditambah lagi saat covid-19 (Corona Virus 2019) yang melanda di seluruh jagat raya ini. Kita wajib menjaga daya tahan tubuh kita agar kuat dan tidak tertular virus corona.

Kami akan menjelaskan beberapa macam makanan yang bagus di konsumsi saat di landa Corona Covid-19 yang di olah oleh Healthline, Jumat 27 Maret 2020.

Buah

Image from amazon.com

Beberapa buah yang mengandung banyak vitamin :

1. Apple

Apple biasanya bewarna merah muda, tetapi ada juga apple yang bewarna hijau. Orang pertama kali menanam apple di asia tengah. Nama ilmiah pohon apple dalam bahasa latin adalah Malus domestica. Apple dapat mengurangi resiko kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker paru-paru. Apple banyak mengandung antioksidan serta dapat mengontrol berat badan dan mengurangi kolesterol dengan mencegah reabsorbsi.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tinggi, sekitar 20 klai lebih tinggi dibanding buah-buahan lainnya. Alpukat memiliki nama latin sebagai Persea amaericana, diyakini berasal dari Amerika Tengah. Buah ini di bawa ke Indonesia sekitar tahun 1920-1930 oleh Belanda. Alpukat memiliki Vitamin B5 (membantu menurunkan tingkat stress, meringankan rasa sakit dari arthiritis dan kolesterol tinggi), Vitamin B6 (membantu penanganan diabetes, pendarahan menstruasi, insomia, dan morning sickness dan car sickness), Vitamin E (Memiliki anti-aging dan dapat membantu perawatan kulit secara alami), Vitamin K (Mencegah pendarahan dalam, billiary obstruction, dan osteoporosis), Vitamin C (Meringankan kelainan mata, kolesterol, dan penyakit jantung), Folat/Folate (Memperbaiki fungsi DNA), Potassium K (Meringankan stroke dan tekanan darah tinggi), Omega-9 Fatty Acid (Melindungi sel sel dalam tubuh dari radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan meningkatakan pembakaran lemak tubuh), Omega-6 Fatty Acid (Membantu mencerdaskan otak).

3. Pisang

Buah pisang dapat mengobati jerawat, menghaluskan kulit wajah, mengatasi diabetes, menyeimbangkan jumlah cairan, mengobati penyakit maag, mengatasi anemia, memperlancar sistem pencernaan mencegah penyakit jantung, dan melancarkan peredaran darah.

4. Blueberry

Manfaat buah blueberry bisa menagkal radikal bebas, mengobati obeseitas, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, meredakan nyeri otot, mengurangi resiko alzheimer, mencegah infeksi saluran kemih, mengurangi resiko diabetes, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, menigkatkan konsentrasi dan ingatan, menignkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, dan memelihara kesehatan tulang.

5. Jeruk

Jeruk yang termasuk marga Citrus. Jeruk dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi tubuh dari kanker, menjaga tekanan darah supaya tetap normal, menurunkan tingkat kolesterol jahat, mengontrol kadar gula darah, mendukung kesehatan mata, penyembuhan sembelit, menjaga kesehatan mental, memperkuat tulang, mendukung perkembangan kandungan, dan dapat menjadi solusi diet.

6. Strawberi

Strawberi memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah penuaan dini pada kulit, memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, mengurangi risiko terjadinya katarak, dan mengurangi resiko kanker.

Daging

Image from freepik.com

7. Daging sapi yang tidak memiliki lemak

Daging sapi yang tanpa lemak dapat mengurangi obesitas pada tubuh kita. Selain itu daging yang tidak memiliki lemak juga sangat sehat karna akan menyehatkan tubuh kita.

8. Dada Ayam

Manfaat mengkonsumsi dada ayam dapat menjadi anti-depresan alami, tinggi protein, tingkatkan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme.

9. Kambing

Manfaat mengkonsumsi daging kambing dapat mengatasi darah rendah, dan mengandung rendah lemak dan kolesterol. Daging kambing juga mengandung zat besi dan dapat menyetabilkan detak jantung.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Image from grid.id

Kacang dan biji-bijian terkenal mengandung lemak dan kalori yang sangan tinggi. Tetapi bisa untuk diet karna kaya serat, magnesium dan vitamin E.

10. Almond

Manfaat kacang almond untuk mengontrol gula darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan usus dan pencernaan, menurunkan berat badan, menyehatkan kulit, dan mencegah batu empedu.

11. Biji China (Biji Selasih China)

Manfaat biji china dapat mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi keadaan gelisah, obat susah tidur dan obat sering gugup, menjaga daya tahan tubuh, mengobati batuk, mengatasi stress dan depresi, dan sebagai anti diabetes.

12. Kelapa

Manfaat dari kelapa antara lain dapat mengurangi tekanan darah, bantu melawan diabetes, membantu mencegah batu ginjal, dan mendukung kesehatan jantung.

13. Kacang Macadamia

Manfaat kacang macadamia antara lain memiliki sifat antioksidan, membuat sehat jantung, dapat menurunkan risiko sindrom metabolik, dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan otak, mencegah kenaikan berat badan.

14. Kacang kenari

Manfaat dari kacang kenari adalah dapat menyehatkan usus dan mencegah terjadinya kanker, mencegah diabetes dan membantu diet yang sehat, menurunkan tekanan darah dan menyehatkan otak, menurunkan kolesterol, membantu kesehatan reproduksi, dan mencegah penyakit jantung.

Sayuran

Image from kompas.com

15. Asparagus

Manfaat sayur asparagus yaitu menjaga kadar gula darah tetap stabil, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga tekanan darah agar tetap stabil, mencegah terjadinya anemia, mencegah serangan jantung mendadak, dan banyak mengandung vitamin A dan C.

16. Paprika

Paprika bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, mencegah kanker, sumber nutrisi yang baik, menjaga kesehatan system saraf, menjaga sistem pencernaan, mengontrol gula darah, meningkatkan metabolisme dalam tubuh, membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata dan menjaga kesehatan kulit.

17. Brokoli

Manfaat dari brokoli yaitu menurunkan risiko kanker, memperkuat tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, membantu program diet, mingkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kehamilan, mencegah penuaan dini, menurukan kolesterol, dan mencegah sembelit.

18. Wortel

Manfaat wortel dapat meningkatkan metabolisme, menyembuhkan luka, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker payudara, menjaga kesehatan otak, sebagai antiradang, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi kulit berminyak, dan mengatasi kulit terbakar dari sinar matahari.

19. Kembang kol

Manfaat mengonsumsi kembang kol dapat meningkatkan kualitas ingatan manusia, menguatkan tulang, melancarkan sirkulasi darah, membantu menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, mencegah peradangan, dan menyehatkan kulit dan rambut.

20. Mentimun

Manfaat mentimum yaitu mengatasi bengkak di sekitar mata, menjaga ginjal biar tetap sehat, membantu tubuh tetap terhidrasi, mencegah sembelit, menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan tekanan darah atau hipertensi, membantu menurunkan berat badan, dan disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ikan dan Makanan Laut

Image from Grid.id

21. Salmon

Manfaat ikan salmon antara lain membantu menurunkan depresi, sumber kalsium yang baik, untuk menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko alzheimer.

22. Ikan sarden

Manfaat dari ikan sarden yaitu kaya dengan mineral, mencegah masalah jantung, mencegah kanker usus besar, kaya dengan protein, dan mencegah penyakit karena penuaan.

23. Udang

Manfaat udang membantu pembentukan sel dan jaringan tubuh, memperbaiki produksi hormon tiroid, menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan menyehatkan jantung.

24. Tuna

Manfaat dari tuna antara lain menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan reproduksi, menyehatkan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung tumbuh kembang anak, mencegah kanker, menjaga fungsi ginjal, dan memperlancar sirkulasi darah.

25. Kerang

Manfaat kerang antara lain menjaga kesehatan jantung, mengatasi anemia, menjaga fungsi sistem saraf, meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here